Coca-Cola

Coca-Cola atau Coke adalah minuman bersoda kola yang dijual di berbagai restoran,toko, dan mesin pengecer di lebih dari 200 negara. Minuman ini diproduksi oleh The Coca-Cola Company. Coke adalah salah satu merek yang paling dikenal dan paling luas penjualannya. Saingan utamanya adalah Pepsi.
pengeluaran produk coco cola
Coca-Cola pertama kali diperkenalkan pada tanggal 8 Mei 1886 oleh John Styth Pemberton, seorang ahli farmasi dari Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Dialah yang pertama kali mencampur sirup karamel yang kemudian dikenal sebagai Coca-Cola..Frank M. Robinson, sahabat sekaligus akuntan John, menyarankan nama Coca-Cola karena berpendapat bahwa dua huruf C akan tampak menonjol untuk periklanan. Kemudian, ia menciptakan nama dengan huruf-huruf miring mengalir, Spencer, dan lahirlah logo paling terkenal di dunia.
Chandler piawai dalam menciptakan perhatian konsumen dengan cara membuat berbagai macam benda-benda cinderamata berlogo Coca-Cola. Benda-benda tersebut kemudian dibagi-bagi di lokasi-lokasi penjualan penting yang berkesinambungan. Gaya periklanan yang inovatif, seperti desain warna-warni untuk bus, lampu gantung hias dari kaca, serta serangkaian cinderamata seperti kipas, tanggalan dan jam dipakai untuk memasyarakatan nama Coca-Cola dan mendorong penjualan.
Upaya mengiklankan merek Coca-Cola ini pada mulanya tidak mendorong penggunaan kata Coke, bahkan konsumen dianjurkan untuk membeli Coca-Cola dengan kata-kata berikut: “Mintalah Coca-Cola sesuai namanya secara lengkap; nama sebutan hanya akan mendorong penggantian produk dengan kata lain”. Tetapi konsumen tetap saja menghendaki Coke, dan akhirnya pada tahun 1941, perusahaan mengikuti selera popular pasar. Tahun itu juga, nama dagang Coke memperoleh pengakuan periklanan yang sama dengan Coca-Cola, dan pada tahun 1945, Coke resmi menjadi merek dagang terdaftar.

Pepsi

Pepsi pertama kali diperkenalkan sebagai “Brad’s Drink” di New Bern, North Carolina, pada tahun 1883 oleh Caleb Bradham. Aplikasi merek dagang asli untuk Pepsi-Cola diajukan pada September 23, 1902 dengan pendaftaran disetujui pada tanggal 16 Juni 1903. Dalam pernyataan aplikasi, Caleb Bradham menggambarkan merek dagang dengan tanda penghubung kata” PEPSI-COLA, “dan menunjukkan bahwa tanda itu terus digunakan untuk bisnis-nya sejak 1 Agustus 1901.
Pepsi mendapatkan popularitas setelah pengenalan pada 1936 dari sebuah botol 12-ons. Datang di saat krisis ekonomi, kampanye berhasil dalam meningkatkan status Pepsi. Dari 1936 sampai 1938,-Cola Pepsi keuntungan dua kali lipat.
Pada tahun 2007, PepsiCo didesain ulang kaleng mereka untuk kali keempat belas, dan untuk pertama kalinya, termasuk lebih dari tiga puluh latar belakang yang berbeda pada masing-masing dapat, memperkenalkan latar belakang baru setiap tiga minggu. [14] Salah satu desain latar belakang mereka termasuk sejumlah nomor berulang , “73774”. Ini adalah ekspresi numerik dari telepon tombol dari kata “Pepsi.”

Persaingan Pepsi dengan Coca-Cola

Menurut Laporan Konsumen, pada 1970-an, persaingan terus memanaskan pasar. Pepsi dilakukan pengujian rasa butadi toko-toko, dalam apa yang disebut ” Pepsi Challenge “. Tes ini menunjukkan bahwa konsumen lebih disukai rasa Pepsi (yang diyakini memiliki lebih lemon minyak, kurang jeruk minyak, dan menggunakan vanili daripada vanili ) untuk Coke. Penjualan Pepsi mulai mendaki, dan Pepsi ditendang dari “Tantangan” di seluruh bangsa. Ini dikenal sebagai ” Perang Cola “.
Menurut Minuman Digest ‘s 2008 laporan pada minuman ringan berkarbonasi, PepsiCo pangsa pasar AS adalah 30,8 persen, sedangkan The-Cola Coca adalah 42,7 persen. [17] Coca-Cola outsells Pepsi di sebagian besar AS.
Secara keseluruhan, Coca-Cola menjual lebih banyak di hampir semua wilayah di dunia. Namun, pengecualian termasuk India, Saudi Arabia , Pakistan (Pepsi telah menjadi sponsor dominan dari tim kriket Pakistan sejak tahun 1990); di Republik Dominika ,Guatemala di Kanada provinsi dari Quebec , Newfoundland dan Labrador , Nova Scotia , dan Prince Edward Island, dan Northern Ontario .