Kadang-kadang ketika menggunakan BlackBerry (BB) kita dihadapkan pada masalah performanya yang semakin lamban. BlackBerry smartphones sama halnya juga dengan “mini computer” yang memerlukan pengaturan Memory untuk kinerja performa yang optimal. Berikut ini tips kecil tapi cukup memberikan effect kepada kita sebagai pengguna setia BlackBerry sehingga terasa lebih cepat.

Hapus “Log Event”
BlackBerry memiliki kemampuan untuk mencatat dan menyelidiki dalam kegiatan kita. Jika kita menghapus beberapa log yang tidak penting, maka ini akan meningkatkan performa BlackBerry.

Bagaimana cara menghapus Logs aktifitas BlackBerry* kita, dan secara otomatis menghapus log kejadian blackberry (BB) ? caranya yang paling mudah adalah dengan cukup meng-klik tombol “ALT” pada Keyboard BB dan Tekan Huruf atau Kata “LGLG”.* Kita akan melihat Event Log pada layar BB.
Jika ingin melihat log lebih detail pilih menu Option pada dengan menekan tombol Home (bergambar logo BB) pada BB kita.

Alarm
App Perms
BARCODE
BBG
BBLogger [Facebook]
BBM
BlackBerry App World
Camera
CC
cmime
Device Lock Command
DSSMA
Facebook
Force reset manager
FW
java Exception
Mail Api
MBF Event
MergedCollection
ML
net.rim.activation
net.rim.activation.data
net.rim.*

Untuk menghapusnya, Klik Menu and pilih “Delete” atau “Clear Log”, kemudian “ESCAPE” untuk kembali ke layar HOME.

Hapuslah Cache “Clear Cache” apabila browser menjadi lebih lambat
Akan lebih cepat jika kita membersihkan cache BlackBerry secara teratur.

Hapus Memori dengan mode Automatic

Kadang kala kita terlalu malas untuk melakukan langkah-langkah diatas tadi dan ingin yang lebih simple. Dalam hal ini kita dapat menggunakan feature yang dinamakan “Automatic Memory Cleaning utilities” cara ini lebih praktis dan cepat untuk menghapus memori log yang ada di memori BlackBerry. Meskipun BlackBerry memiliki memori cukup besar, tetapi log lama kelamaan dapat juga memenuhi memori tersebut.

1. Klik “Option” pada Menu pada layar Home, pilih “Security Options” dan kemudian pilih “Memory Cleaning”.
2. Gantilah status ke “Enabled” maka akan tampil parameter untuk dirubah. Disarankan untuk mengaktifkan 2 pilihan “Clean when Holstered” dan “Clean when Idle” ke pilihan “YES”
3. Pilih “idle time out” tidak lebih dari 5 menit, pada umumnya pilih 1 atau 2 menit.
4. Feature ini dapat ditampilkan ke Layar Home utama, dengan memilih “Show Icon on Home Screen” dan “Save”.

Ketika kita membuka layar utama atau Home* maka akan muncul ikon yang kita tambah tadi dengan nama “Memori Cleaner”. Silahkan Klik Icon tersebut dan lihatlah apa yang terjadi …

Advertisements